10 skill yang dibutuhkan Digital Marketing

Tantangan dan skill yang dibutuhkan untuk menjadi digital marketer yang handal

3
Digital Marketing
Digital Marketing

Digital Marketing. Profesi Digital Marketing Manager merupakan profesi yang banyak dicari dan dibutuhkan saat ini. Tidak diragukan lagi karena banyak perusahaan besar dan startup mengerahkan budgetnya untuk menawarkan dagangannya di internet. Facebook, Twiter, Instagram, Google, Quora adalah platform social media yang saat ini menjadi idola tempat beriklan produk baik free maupun berbayar. Ditambah trend pertumbuhan penggunaan platform messanger / chat yang menggantikan pola komunikasi netizen.

Selain itu, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia dan dunia yang exponensial setiap tahunnya. Membuat funnel digital ini seolah menjadi keharusan bagi para marketer  untuk memasarkan produk / jasa nya di channel digital.

Seperti pemasaran conventional, digital marketing juga harus memperhatikan berbagai aspek seperti pemasaran pada umumnya. Nuansa paradigma web baru dan bagaimana “penghuni” digital berinteraksi, kapan waktu yang tepat untuk berkomunikasi dan memasang iklan.  Ini semua tentang bagaimana setiap channel digital dan social media bekerja dan berinteraksi satu sama lain.

Digital marketing: Most active social media platform
Most active social media platform

Banyak pertanyaan yang muncul mengenai digital marketing. Terutama apa perbedaan taktik yang harus dilakukan untuk membuat post di facebook, apakah sama atau berbeda jika harus post di twitter dan instagram?

Banyak pertanyaan dan sangat komplek. Sebelum mengarah kesana, mari kita lihat lebih dekat apa tantangan yang dihadapi digital marketing manager (executive dan professional) dan skill apa yang dibutuhkan oleh digital marketer.

Perubahan di dunia digital sangat cepat.

Satu tantangan terbesar digital marketing adalah bagaimana managing the high velocity of change. Perubahan sangat cepat membuat digital marketer harus berpikir cepat dengan perubahan yang ada.

Facebook adalah platform yang paling cepat perubahannya. Jutaan post dan account baru setiap harinya, dengan berbagai macam karakter pengguna yang unik. Saat ini lebih mudah menghitung berapa orang disatu ruangan yang tidak punya akun facebook daripada yang punya akun. Selain timeline / newsfeed pribadi setiap pengguna, facebook memiliki fitur fb page dan fb group yang banyak dipakai perusahaan dan komunitas apapun didunia ini.

PR nya sekarang adalah bagaimana mengelola budget iklan di facebook, berapa besar budget yang dianggarkan untuk beriklan untuk mendapatkan respon dari audience. Mengingat saat ini kita sudah tidak bisa mengandalkan organic reach lagi. Banyak pemain yang secara khusus berinvestasi di facebook dengan beragam strategi yang diterapkan. Sehingga dalam tim digital marketing saat ini mengharuskan adanya Facebook Specialist, baik internal tim maupun partner eksternal.

Pergeseran Traffic by Device
Pergeseran Traffic by Device

Mobile marketing begeser peran dari awalnya nice to have, sekarang menjadi wajib dilakukan. Seperti dilihat pada statistik sumber traffic di internet diatas, mobile phone menjadi penyumbang terbesar dengan 70%. Yang berarti 5% tumbuhnya dari tahun sebelumnya. Artinya, banyak orang membuka website atau aplikasi langsung dari gadgetnya. Bahkan generasi millenials dan Gen-Z adalah technology savvy, mereka lahir given dengan technologi. Kebanyakan dari mereka dan generasi sebelumnya mengakses internet lewat mobil gadgetnya bahkan sebelum mereka membuka internet melalui komputer atau laptop nya.

Jadi, mobile advertising, social media dan realtime engagement tactic perlu diterapkan.

10 Digital Marketing Skill yang wajib dimiliki oleh Digital Marketer.

1. Data Analysis

Term “Big Data” sedang nge-Trend dimana-mana sekarang ini, perusahaan beramai-ramai mengimplementasikan Big Data.

Data Analysis tidak membahas tentang big data, tapi apa yang akan kita lakukan terhadap data itu. Inilah pekerjaan seorang data analyst. Dengan menggunakan hasil analisa data yang tepat, marketing akan semakin tepat sasaran. Data Analyst akan sangat powerful jika didukung dengan tools dan platorm yang memadai.

Sebagai contoh perusahaan tiket online Traveloka atau tiket.com yang menggunakan kekuatan analisa data. Untuk menentukan promo, mereka menentukannya berdasarkan trend data yang mereka punya. Bisa data history atau dibandingkan dengan kebiasaan pembeli di daerah tertentu selama ini.

Dengan menganalisa data dengan baik dan mengoptimalkan insight yang ada, traveloka dan tiket.com bisa meningkatkan profitability nya dengan significant dari tahun-ketahun.

2. Paid Social Media Advertising

Pada awal kemunculannya, social media seperti facebook memberikan fasilitas gratis untuk marketer mempromosikan dagangannya. Tapi dalam perjalanan waktu, facebook mengubah pola permainannya. Dengan keunggulan data yang mereka punya dengan mengumpulkan data-data semua pengguna, data di facebook menjadi seperti emas yang dicari banyak orang. Karena sudah menjadi kebutuhan, maka facebook memberikan bandrol harga kepada siapapun yang mau mengiklankan dagangannya. Yang kita kenal dengan Facebook Ads.

Diluar bayar-membayar, facebook Ads boleh dibilang sangat effective. Berikut ini beberapa topik dan skill yang mungkin kamu butuhkan untuk bisa nyetel dengan Facebook Ads:

  • Bagaimana menggunakan Facebook Analytics Tools “Facebook Insights”.
  • Bagaimana menggunakan facebook search engine.
  • Apa itu oCPM bidding dan bagimana cara bekerjanya.
  • Menggunakan “Look a like” audiences.
  • Cara melakukan tergeting dengan menggunakan “Custom audiences”.
  • Cara bereksperimen dengan Ads dan test Ads dengan creative images.

Masih banyak lagi yang bisa dieksplore, disesuaikan dengan kebutuhan. Karena facebook selalu melakukan pengembangan dan terkadang perubahan, maka digital marketer harus siap dengan segala konsekuensinya.

3. Email Marketing

Email bisa jadi alat komunikasi yang sangat simple di masa lalu. Tapi sekarang email menjadi senjata yang mumpuni untuk menjangkau target market. Email menjadi sangat powerful tapi masih sering diremehkan penggunaannya untuk tools marketing.

Social media bisa jadi alat yang sangat pas untuk brand awareness. Tapi pelanggan yang loyal dan berkomitmen akan tetap keep close touch via email.

Email marketing platform ada banyak, tapi yang pernah saya coba adalah MailChimp, cukup mumpuni. Jika kamu menggunakan wordpress sebagai platform bloging, wordpress dan jetpack menyediakan fasilitas yang sama untuk subscriptions.

4. Search Engine Marketing

Strategi Search engine ada dua:

  • Optimalisasi content website / blog secara organik dari mesin pencarian – “SEO”.
  • Gunakan Paid Ads seperti Google AdWords dan paid search engine marketing “SEM”.

5. Technology Tools & Platform

Tugas marketer dimasa lalu adalah mengelola iklan yang dikerjakan oleh agency iklan. Sekarang mereka sangat butuh untuk mengerti tentang teknologi,  yaitu tools analytics dan tools mengelola data dari social media.

Beberapa tools gratis yang bisa digunakan:

  • Hoosuite
  • Tweetdeck
  • Facebook Insights
  • Google Analytics
  • Twiter Analytics

Dan banyak juga versi premium jika diperlukan.

6. Social Media Marketing

Pilih social media yang cocok dengan kriteria perusahaan atau barang dagangan yang akan dijual melalui social media. Hal ini dilakukan karena setiap social media mempunya karakteristik yang berbeda-beda.

Yang jalas, siapkan desain dan konten kreatif yang sesuai dengan social media platform yang dipilih.

7. Content Marketing

Content merupakan dasar dari semua marketing. Kamu butuh image, blog post, infographics, dan lain-lain.

Content marketing sangat berguna jika dilakukan dengan benar. Hasil yang didapat adalah customer engagement, dan meningkatkan SEO dan konfersi ke penjualan.

8.  Mobile Marketing

Be ready dengan era mobile. 70% pengguna internet membuka internet dengan menggunakan perangkat mobile.

Segment mobile marketing ini masih terus berkembang dengan cepat. Oleh karena itu skill mobile marketing harus mampu menyesuaikan dengan cepat dan tanggap.

9. Viral Marketing

10. Visual Marketing

3 COMMENTS

    • Iyo pak, to be contineud judul nya hahaha…

      Lg blajar digital marketing ini mas bro, mohon bimbingannya.. mau tak bikin modul nya sekalian biar bisa kita pelajari bersama dan bermanfaat juga buat rekan2 yang lain, terutama UKM-UKM indonesia biar berjaya di jagat maya ^__^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here