Pencak macan merupakan kesenian khas daerah pesisir pantai di sepanjang pulau jawa, atau bahkan mungkin diluar pulau jawa. Tim Potreten berkesempatan untuk menyaksikan secara langsung pencak macan yang sedang di “tanggap” oleh salah satu pusat perbelanjaan di Gresik, Jawa Timur. Tentu saja dalam rangka promo program baru swalayan tersebut.

Jalannya Hunting Atraksi Pencak Macan

Berawal dari informasi dari seorang kawan yang juga seorang crew utama Potreten, mas Andy Buhcory. Saya lansung saja datang kelokasi tempat pementasan digelar, ternyata teman-teman OSP dan beberapa fotografer lain sudah menunggu ditempat. Kesan pertama ketika melihat pementasan kali ini adalah RAMAI, PENUH dan langsung kepikiran bagaimana caranya mengabadikan moment jika penonton berdesak-desakan seperti ini 😀 Untuk saja mas Andy mengenal pemilik dan ketua rombongan pencak macan yang sedang tampil. Akhirnya kami mendapatkan tempat untuk bisa memotret dengan baik, walaupun demikian kami harus ikut membantu keamanan dalam mengondisikan penonton yang terus mendesak maju.

Untuk memotret pementasan seperti ini idealnya adalah menggunakan lensa zoom dengan range yang memadai sehingga tidak kebingungan harus berganti-ganti lensa. Namun waktu itu saya hanya membawa satu kamera dan satu lensa Fix, untung saja waktu itu kamera fujifilm X-T1 saya terpasang lensa Fujinon XF23mm f1.4 R yang menurut saya cukup untuk digunakan pada hunting kali ini. 23mm yang terpasang di kamera crop factor seperti X-T1 menghasilkan view kira-kira selebar mata memandang. Agak kesulitan memang ketika aktor bergerak menjauh dari kamera, karena background yang isinya penonton akan semakin terlihat jelas. Itulah fungsinya aperture lebar, saya gunakan bukaan (apertur) lebar untuk mengabadikan moment hunting kali ini sehingga background tidak terlalu mempengaruhi hasil yang diinginkan. Karena lensa akan lebih fokus pada aktor yang sedang pentas.

Pencak macan, a traditional arts from Gresik, east java, indonesia. Accompanied by gamelan, gong and gendang during performance #asliindonesia #gresik #arekgresik #keseniangresik #indonesianarts

Selalu dan pasti yang dihadapi dalam pementasan theatre atau aksi panggung jalanan seperti ini adalah aktor bergerak sangat cepat sehingga membutuhkan speed yang cukup untuk membuat gerakan aktor berhenti, kecuali kalau kita menginginkan efek-efek khusus yang membutuhkan kecepatan lensa yang sedikit diperlambat. Untuk bisa mendapatkan banyak moment secara bersamaan, kami membagi tim menjadi tiga, yaitu yang motret tepat didepan tempat pementasan, disamping-samping panggung dan yang ketiga mengabadikan acara dengan menggunakan kamera video. Pementasan ini ternyata dibagi menjadi beberapa tahap yang terpisah oleh jeda, jeda tersebut dimanfaatkan oleh swalayan untuk membagikan kupon diskon barang-barang yang dijual didalam swalayan sebagai sarana promosi. Waktu jeda kami manfaatkan untuk istirahat, saling bertukar pengalaman dan sharing agar pada sesi selanjutnya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Pencak macan, a traditional arts from Gresik, east java, indonesia. Accompanied by gamelan, gong and gendang during performance #asliindonesia #gresik #arekgresik #keseniangresik #indonesianarts

Beberapa foto lain yang sudah diunggah bisa dilihat di link flickr berikut.

Kebudayaan lokal seperti ini harus tetap dilestarikan, kalau bukan kita sebagai bangsa, siapa lagi yang bisa? Potreten ingin turut membantu melestarikan kebudayaan daerah dengan cara yang kami bisa, yaitu dengan fotografi.

Rekan-rekan yang ingin berdiskusi mengenai hasil hunting atau ada saran atau kritik atau ada usulan hunting berikutnya bisa disampaikan pada kolom comments dibawah ini…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here