Omah kayu Bukit Banyak. Menggunakan tagline “Not Just Tree House”, nampaknya memang pengelolanya sangat serius mengembangkan kawasan wisata bukit paralayang ini. Omah Kayu memiliki konsep rumah dengan bahan kayu yang kuat dan kualitas bagus (kayu eukaliptus, pinus serta kasuarina). Omah Kayu didirikan di atas pohon pinus pada lereng bukit. Pemandangan indah dari Omah Kayu inilah yang menjadi daya tarik utama wisatawan yang datang. Baik wisatawan yang berniat untuk menginap ataupun hanya untuk sekedar foto-foto.

Sudah lumayan lama sejak 4 tahun yang lalu ketika mengantarkan rekan dari luar kota untuk paralayang. Banyak perubahan yang dilakukan oleh pengelola kawasan wisata bukit banyak (perhutani). Dari mulai jalan yang sudah mulai dirapikan, petunjuk jalan sudah mulai banyak. Di kawasan parkir juga sedang dilakukan pengembangan, tentunya untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan datang ke Bukit Banyak.

Selain Omah Kayu, pemandangan alam yang bisa disaksikan melalui Bukit Banyak tidak kalah memukau. Hampir tiap pagi ada saja wisatawan yang sengaja datang untuk menyaksikan matahari terbit dari atas sana. Bebukitan yang berjajar ditambah view gunung arjuna dan kawasan pegunungan semeru menambah greget pemandangan landscape Gunung Banyak. Dari atas sini juga bisa kita lihat keseluruhan kota batu dan Malang.

Morning View from "Bukit Banyak", Batu, Malang #iphonephotography #landscape #indonesia #malang
Morning View from Bukit Banyak

Menuju Bukit Banyak

Bukit banyak bisa di jangau dari beberapa arah, salah satunya adalah melalui jalur kota Malang dan Kota Batu. Bukit banyak terletak sekitar +- 25 km dari kota malang, langsung saja ambil jalan kearah Kota Wisata Batu. Lurus saja sampai puncak gunung, disitu anda akan menemukan jalan masuk menuju air terjun Coban Rondo. Nah ada tempat wisata alternatif selain bukit banyak, jadi setelah dari bukit banyak nanti bisa mampir juga ke Coban Rondo. Letak Bukit Banyak terletak lebih keatas sedikit. Waktu sampai pertigaan ke coban rondo ambil arah ke kanan (lurus) sampai bertemu pertigaan bercabang (kiri dan kanan).

Ambil arah ke kanan, sebelum terlalu jauh belok nya lihat penunjuk arah disebelah kiri, kira-kira 50 meteran. Ada tulisan wisata paralayang bukit banyak, langsung ambil belok ke kiri naik lurus saja ikuti petunjuk arah sampai ke lokasi. Jalannya masuk sudah diperbaiki dengan beton, namun mendekati puncak, masih terdapat jalan yang masih rusak. Terlihat juga excavator yang sedang mengeruk melakukan perbaikan jalan dan tempat parkir.

Jika anda secara khusus ingin ke Bukit Banyak dan Omah Kayu ini, lebih enaknya kalau menginap nya di Kota Batu. Karena jarak dari kota Batu ke lokasi hanya +- 5Km atau hanya sekitar 15 menit saja.

Omah Kayu Bukit Banyak

Setelah sampai di atas “Bukit Banyak”, anda akan diminta biaya masuk sebesar Rp. 5000,- per-orang. Selain itu ada biaya parkir yang harus dibayarkan juga. Untuk mobil dikenakan biaya yang sama dengan biaya masuknya, yaitu Rp. 5000. Menaiki tangga menuju bukit Banyak, bisa kita lihat ada tulisan “Omah Kayu, Not Just Tree House” disebelah kiri kita. Ada dua jalan yang bisa kita lalui menuju Omah kayu. Jalan kiri mengantarkan kita menuju Omah Kayu yang paling keren bentuknya (paling baru). Berbentuk seperti bangunan eropa tapi dibuat dari kayu. Jalan sebelah kanan akan mengantarkan anda menuju omah kayu yang lain yang jumlah nya lebih banyak.

Karcis pengunjung, wana wisata Gunung Banyak #gunungbanyak #bukitbanyak
Karcis pengunjung Wana Wisata Gunung Banyak

Sayangnya saat itu waktu yang saya punya untuk mengeksplore tempat ini tidak banyak. Masih ada agenda lain yang harus dilakukan, jadinya hanya sempet eksplorasi satu omah kayu saja yang paling atas. Next time kalau kesini lagi pasti disempatkan melihat-lihat atau bahkan menginap di omah kayu. Oh iya, lupa, omah kayu ini juga disewakan lo….

Untuk menyewanya, anda harus reservasi terlebih dahulu supaya dapat tempat, mengingat banyaknya peminat. Minimal resevasi 1 minggu sebelumnya. Berikut ini informasi kontak yang bisa dihubungi untuk reservasi: (info dari http://www.nnoart.com)

• Mas Nanang: 081931843858 (bisa juga dihubungi untuk paralayang);
  • Anom Harya: Whatsapp/Line di 085746611240 atau Telepon di 085288776565;
  • Wawan S: No. Hp:  081232256186/085749587658; pin BB: 5AA62994

Sebelum eksplor omah kayu, saya sarankan untuk menikmati view pagi dari Bukit Banyak terlebih dahulu. Sebelum matahari terlalu tinggi, ambil foto-foto dulu dengan pemandangan sunrise, perbukitan dan kota malang.

Omah Kayu, bukan sekedar rumah kayu biasa #omahkayu #bukitbanyak #batu #malang

Selain omah kayu sendiri, bagi yang suka fotografi bisa mengeksplor beberapa tempat. Banyak objek menarik yang bisa dieksplor dan diambil fotonya. Beberapa foto yang sempat terambil sebagai berikut: