Pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa

#sayaIndonesia #sayaPancasila

1
385

Pancasila sebagai pemersatu bangsa sudah dikumandangkan tepat dikemerdekaan negara Indonesia. Bahkan Presiden pertama Republik Indonesia, Bapak Ir. Soekarno telah mendeklarasikan pancasila dalam pidato nya di forum United Nation (PBB).

Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa

Sebagai dasar negara Indonesia, seperti susunan katanya “Panca” berarti “lima” dan “Sila” berarti “prinsip” indonesia mempunyai 5 prinsip dalam bernegara:

  1. KETUHANAN YANG MAHA ESA
  2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
  3. PERSATUAN INDONESIA
  4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN / PERWAKILAN
  5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

Pada sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa” dimaksudkan agar seluruh bangsa Indonesia wajib memeluk agama yang sudah disepakati dan ditentukan oleh negara sebagai agama yang syah di Negera ini. Masyarakat huga wajib untuk menaati ajaran agama yang dipercayainya.

Sila kedua “Kemanusiaan yang adil dan beradab“, berarti bahwa Negara harus berlaku adil terharap semua lapisan masyarakat tanpa membedakan Suku, Agama, Ras dan tingkat status sosial. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dan mempunyai banyak suku dan kepercayaan. Bahkan bahasa yang digunakan juga berbeda-beda. Sila kedua ini dilengkapi dengan Sila ketiga “Persatuan Indonesia“, dengan banyaknya perbedaan, negara wajib menjaga persatuan bangsa dengan prinsip BHINEKA TUNGGAL IKA yang artinya walaupun berbeda-beda tapi tetap satu jua.

Dengan banyaknya perbedaan ini, sebenarnya sangat mudah sekali membuat bangsa Indonesia terpecah belah, seperti yang dilakukan penjajah dulu. Bukan hanya tugas negara saja, tapi juga masyarakat sebagai bangsa harus turut menjaga persatuan bangsa dan negara agar Indonesia semakin maju dan diperhitungkan oleh dunia.

Sila keempat “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan“. Pada sila ini secara eksplisit dijelaskan bahwa pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan harus mementingkan kepentingan negara dan masyarakat. Dalam pengambilan keputusan harus menggunakan azas kekeluargaan dan musyawarah untuk mencapai kesepakatan / mufakat.

Sila terakhir, sila kelima “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia“. Dengan adanya sila kelima ini berarti Negara menjamin keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Termasuk pemerataan pembangunan, kesejahteraan rakyat dan keamanan.

Negara tidak bisa bekerja sendiri

Pemerintah sebagai pemegang tanggungjawab tidak bisa berjalan sendiri dalam menegakkan Pancasila. Dukungan, kesadaran dan kedewasaan masyarakat sangat berperan penting dalam hal ini. Terutama sejak era Reformasi hingga sekarang. Keterbukaan dan kebebasan berpendapat membuat semua orang babas berekspresi. Semakin banyak partai yang ikutan panggung politik dan tidak sedikit dari mereka menggunakan isu-isu SARA terutama AGAMA untuk mengais dukungan. Yang terbaru dan kita semua tahu, walaupun PilGub nya di jakarta tapi gema nya sampai ke seluruh penjuru Indonesia. Kita tidak akan bahas hal ini lebih detil lagi *takut kena tuntutan penistaan 😀

Kembali ke Pancasila… Nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar negera Indonesia perlu ditingkatkan lagi. Pemerintah sekarang nampaknya sudah sadar sekali peran Pancasila, kegiatan mengenang dan pengamalan Pancasila pun multi dilakukan lagi. Pejabat pemerintahan dan BUMN diwajibkan mengikuti pelatihan / workshop bersama LEMHANAS untuk menguatkan nilai pancasila dan kewarganegaraan.

Selain itu, upacara bendera yang sempat terlupakan dan Sila Pancasila yang sudah sangat lama sekali diucapkan didepan umum, kini mulai diwajibkan lagi. Pada tanggal 1 Juni kini diperingati sebagai hari Kelahiran Pancasila. Tanggal itu ditetapkan sebagai hari libur, tapi tidak sekedar libur, minimal untuk pegawai pendidikan, pemerintahan, BUMN dan BUMD wajib untuk upacara bendera.

Semoga dengan pengamalan Pancasila yang lebih baik, Indonesia bisa lebih maju, masyarakatnya bisa lebih aman dan sejahtera. Amiin.

SAYA INDONESIA, SAYA PANCASILA!

#sayaIndonesia #sayaPancasila

#pekanPancasila2017

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here