Pantai Remen Tuban. Terletak di jalur pantura Jawa Timur, tepatnya di Desa Jenu kota Tuban. Pantai remen mempunyai keindahan yang luar biasa. Karena belum banyak terekspose, kondisi pantai ini masih asri dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Yang paling menarik dari pantai remen ini adalah adanya sebuah danau tepat sebelum bibir pantai. Danau ini menambah keindahan pantai remen tuban.

Penasaran dengan Pantai Remen? Berikut ini sedikit cerita singkat perjalanan kami ke pantai remen.

Pantai Remen Tuban
Pantai Remen Tuban

Menuju Pantai Remen Tuban

Letak Pantai Remen yang berada di jalur Pantura Kota Tuban Jawa Timur membuat pantai ini relatif mudah dicari. Walaupun letaknya masih harus masuk melalui desa-desa, dengan bantuan petunjuk arah dan fasilitas Google Map dari mbah google sangat membantu perjalanan ke pantai remen.

Kalau anda berangkat dari arah surabaya seperti yang kami lalui, tinggal mengikuti jalan saja mulai dari tol arah Bunder Gresik. Kemudian lanjut kearah Lamongan hingga Tuban. Kalau masih belum yakin bisa langsung ketikkan Pantai Remen Tuban dipencarian aplikasi google map di android atau iOS anda. Langsung google map akan menunjukkan dengan jells jalan yang bisa dilalui hingga ke pantai remen.

Sesampai di Kota Tuban, ambil jalan arah semarang. Kalau anda berkendara bersama dengan truk-truk besar, maka anda berada di jalan yang benar. Karena seperti yang kita ketahui, di kota Tuban terdapat Pabrik Semen terbesar di Indonesia, yaitu Semen Gresik.

Lulus saja sampai kita temui pantai Boom, langsung ambil arah kiri ke Rembang dan Semarang. Kemudian lihat google map lagi karena letaknya sudah tidak jauh lagi dari tempat kita berada. Ada beberapa jalur masuk yang bisa dilalui, tapi waktu itu kami memilih jalur yang lebih enak dilewati. Lihat sebelah kanan jalan sampai terlihat jalur masuk PLTU Tuban, belok kanan lurus hingga pantai, lalu belok ke kiri dan ikuti petunjuk jalan sampai ke pantai remen.

Sampai disitu sudah banyak petunjuk jalan yang mengarahkan ke pantai. Belokan terakhir mudah diingat adalah masjid di pertigaan. Kalau anda berangkatnya siang atau pas waktunya sholat, bisa mampir terlebih dahulu menunaikan kewajiban. Di masjid ini juga biasanya banyak temen2 yang mengendarai sepeda motor beristirahat sebelum menikmati pantai remen.

Pantai Remen, Tuban, Jawa Timur, Indonesia

Pantai Remen

Sekitar 10 menit dari masjid (jalan pelan-pelan karena jalur sempit), akhirnya kami sampai di pantai remen. Tiket masuk ke pantai remen sangat murah, satu mobil hanya kena charge Rp. 10.000 saja. Dari harga tiketnya saja sudah bisa kita ketahui kalau pantai ini belum benar-benar dikelola secara profesional oleh pemerintah setempat. Walaupun begitu, ternyata sudah banyak yang berjualan makanan dan permainan seperti layang-layang. Warung-warungnya pun sudah cukup tertata memenuhi bibir pantai.

Pantai Remen, Tuban, Jawa Timur, Indonesia
Danau dibibir pantai Remen

Memasuki kawasan pantai, langsung saja kita disuguhi pemandangan danau dengan sebuah pulau kecil ditengahnya. Terdapat jembantan kayu bagi yang mau menyebrang ke pulau kecil tersebut. Karena tidak terlalu dalam dan kondisi jembatan yang seadanya, banyak juga yang langsung saja menyeberang lewat air.

Pantai Remen, Tuban, Jawa Timur, Indonesia
Bermain pasir di Pantai Remen Tuban

Kira-kira seratus meter dari pintu masuk, pasir putih yang indah menghampar ditepian pantai. Langsung saja anak saya mengeluarkan perlengkapan pantainya, ember dan sekrop nya langsung dipakai untuk membuat istana pasir. Puas dengan istananya, kami bermain air di pantai. Namun sayangnya pada waktu itu air sedang pasang dan cuaca tidak begitu bagus. Ombak menyambar sangat kencang, sehingga kami memutuskan untuk mundur kebelakang dan bermain layang-layang.

Tips

Pantai remen Tuban mempunyai ombak dan pasir putih yang cantik. Tidak akan lama lagi dengan banyaknya yang posting foto-foto pantai remen di social media dan blog. Akan semakin banyak pengunjung ke pantai remen. Bagi yang mau kesini, perlu di perhatikan, pantai ini belum ada pengamanan secara khusus. Petugas penjaga pantai pun tidak ada. Artinya jika anda berkunjung kesini harus selalu waspada terhadap ombak, apalagi yang membawa anak-anak. Ombaknya cukup besar hingga bisa menyeret orang dewasa ke tengah.

Kalau anda tidak mau mengeluarkan banyak uang di pantai, bawalah makanan dari rumah alias mbontot dan tikar untuk piknik makan bersama ditepian pantai atau danau. Kalau tidak mau repot, banyak juga warung yang siap melayani kebutuhan perut kita.

Angin yang kencang sangat memungkinkan untuk main layang-layang. Anak-anak pasti suka, kalau bisa bawa sendiri bawa aja dari rumah layangannya. Disini banyak si yang jual layang-layang, tapi kualitasnya kurang memuaskan. Kayu nya tipis sehingga kalau kena angin kencang langsung “mempis-mempis”.

Pantai Remen, Tuban, Jawa Timur, Indonesia
Bermain layang-layang di panta remen

Anyway, pantai remen sangat bagus. Pemerintah setempat juga nampaknya mulai aware dengan potensi wisata di pantai remen ini. Keindahan pantai ini akan tetap indah jika pengunjung seperti kita sadar akan kebersihan pantai.

Puas dengan bermain-main di Pantai Remen, pasti perut mulai keroncongan. Keluar dari lokasi pantai remen anda bisa mampir sejenak untuk menikmati kuliner khas Tuban. Salah satunya yang sempat kami hampiri adalah kuliner asem-asem ikan laut (ikan manyung, dan sembilang) di warung Buk Sum (sering disebut orang-orang Warung Pink). Letaknya tidak jauh, masih di panaura. Kalau dari lokasi keluar PLTU ambil arah semarang. Setelah pelabuhan milik Semen Gresik dan Holchim dan sebelum pom bensin, ada warung makan kecil Buk Sum. Rasanya wuenaak tentan….

Selamat menikmati Pantai Remen dan kuliner kota Tuban. ^__^b

2 COMMENTS

  1. Selain pantai nya, Kuliner tuban juga maknyus mas 👍🏼, masakan ikan laut seperti ikan manyung dan sembilang dengan bumbu khas sini bikin ngiler pedes nya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here