Buku ini menjelaskan bagaimana Habit atau kebiasaan sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang, organisasi maupun sebuah komunitas. Buku The Power of Habit atau dibahasakan kedalam bahasa indonesia menjadi Dahsyatnya Kebiasaan dijelaskan dengan cerita-cerita tentang kebiasaan. Pembaca bisa menyimpulkan sendiri pesan yang penulis sampaikan dalam cerita. Salah satu contoh cerita didalam buku adalah tentang bagaimana kebiasaan di Strarbuck bisa merubah seorang pemalas yang tempramen yang sebelumnya selalu dikeluarkan oleh perusahaan tempat dia bekerja menjadi sukses kepala cabang di salah satu cabang besar Starbuck.

Rangkuman buku The Power of Habit by Charless Duhigg
Rangkuman buku The Power of Habit by Charless Duhigg

Saya akan coba merangkum dari cerita-cerita dan mengambil intisari dari The Power of Habit yang ditulis oleh Charless Duhigg. Buku dibagi menjadi 4 segment yang sebenarnya saling terkait:

  1. Kebiasaan Perorangan
  2. Kebiasaan Organisasi
  3. Kebiasaan Komunitas
Rangkuman buku The Power of Habit
siklus kebiasaan

Dimulai dari pengertian dari Habit / Kebiasaan, apa itu kebiasaan? Kebiasaan merupakah sesuatu yang dilakukan secara otomatis, bahkan tanpa disadari dan sudah dilakukan berulang kali membentuk suatu pola rutinitas.

Lalu bagimana cara kerja kebiasaan itu?

Kebiasaan dimulai dari sebuah isyarat / tanda untuk bisa mencapai suatu reward tertentu. Reward membuat kita menjadi mengidam untuk mendapatkannya sehingga ada usaha untuk mencapai reward. Karena merasa nyaman maka otak akan memerintahkan untuk melakukannya lagi dan lagi sehingga menjadi pattern. Proses dari isyarat – rutinitas – ganjaran / reward ini lah yang disebut sebagai lingkaran kebiasaan.

Rangkuman buku The Power of Habit

Bagaimana cara membuat kebiasaan?

Kebiasaan bisa dibuat dengan menentukan isyarat / tanda yang sederhana dan gamblang. Setelah itu tentukan reward yang akan bisa diperoleh jika melakukan suatu kegiatan. Jika reward yang dicapai membuat kita merasa nyaman, maka lakukan berulang menjadi sebuah rutinitas.

Setelah berulang kali melakukan rutinitas yang sama untuk mencapai reward tertentu, maka akan terbentuk “automatic behavior” yang disebut sebagai kebiasaan.

Bisa nggak kebiasaan dirubah?

Untuk merubah kebiasaan memang sulit karena sudah menjadi automatic behavior. Otak secara alami akan mencari sesuatu yang aman dan less effort. Oleh karena itu untuk mengubah seuatu kebiasaan bisa dilakukan dengan mengubah rutinitas yang biasa dilakukan untuk mendapatkan reward.

Dengan tanda / isyarat yang sama dan reward yang sama, pilihannya adalah dengan membuat atau menambahkan rutinitas baru. Lebih mudah nya adalah dengan membuat shortcut atau perubahan rutinitas dengan cara yang lebih nyaman dan lakukan secara berulang hingga merasa nyaman untuk mendapatkan reward yang sama.

Kunci utama dari behavior change adalah BELIEF. Dengan percaya akan mendapatkan reward dengan cara yang lebih nyaman secara berulang / rutin, maka akan terbentuk automatic behavior yang baru.

Kebiasaan Organisasi

Kebiasaan organisasi merupakan kumpulan dari kebiasaan orang-orang yang berada dalam sebuah organisasi yang melakukan rutinitas yang sama atau berbeda dengan tujuan tertentu.

Kebiasaan dalam organisasi terbentuk karena ada aturan tertulis maupun tidak tertulis. Bisa dikarenakan oleh sebuah tekat dari organisasi ataupu tekat personal dalam organisasi. Kecenderungan personal dalam organisasi untuk menghindari konflik menyebabkan terjadinya kesepakatan antar individu dalam organisasi, baik disengaja mauapun tidak, informal maupun formal. Yang kemudian membentuk kebiasaan karena dilakukan secara rutin. Sehingga terbentuklah sebuah ingatan organisasi.

Untuk mencapai tujuan tertentu, kebiasaan dalam perusahaan bisa manipulasi. Yaitu dengan menetapkan target, jika target tercapai akan mendapatkan reward. Dalam rantai kebiasaan, target bisa disamakan dengan CUE atau Isyarat atau Tanda. Otak akan langsung berfikir apa yang bisa didapat setelah itu (reward). Sehingga secara organisasi serentak akan melakukan rutinitas untuk mencapai target untuk mendapatkan reward. Sehingga terbentuk sebuah kebiasaan.

Kebiasaan Komunitas

Kebiasaan komunitas hampir sama dengan kebiasaan organisasi, yaitu terdiri dari kebiasaan perorangan yang saling terkait. Kebiasaan komunitas sangat dipengaruhi oleh kondisi sosial, ikatan dalama komunitas, tekanan, harapan bersama, gengsi sosial.

Panduan Habit

  1. Identifikasi Rutinitas
  2. Coba-coba dengan Reward
  3. Temukan tanda
  4. Susun rencana
Mindmap rangkuman buku the power of habit
Mindmap buku the power of habit

Mau baca lebih banyak rangkuman buku-buku lainnya? silahkan mampir ke www.bukubuku.id

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here