Innovation vs Entrepreneurship

Apa Perbedaan Innovation vs Entrepreneurship?

Innovation vs Entrepreneurship. Dua istilah ini terkadang membuat kita bingung atau menganggap Innovation dan Entrepreneurship ini adalah hal yang sama. Terutama ketika hampir sebagian besar Entrepreneurship melibatkan inovasi didalamnya. Tapi tidak semua entrepreneurship menjadi bagian dari inovasi.

Innovation vs Entrepreneurship

Berikut pemahaman dasar saya mengenai innovation vs entrepreneurship:

Innovation adalah tentang mengembangkan sesuatu yang baru dan lebih baik dengan potensi untuk mendorong penambahan nilai yang significant kepada pelanggan, mitra dan perusahaan. Inovasi dapat membahas tentang konsep, proses, produk dan jasa.

Entrepreneurship is all about putting innovation to work. Entrepreneurship is taking those insights and making them real by assembling resources, building product and generating revenue

Walaupun berbeda dibeberapa hal yang spesifik, innovation and entrepreneurship go hand in hand. Terutama ketika menjalankan project-project entrepreneurial.

Pertama, kita bekerja dan mengembangkan insight yang mengarah kepada konsep baru yang inovatif. Kemudian menerapkan kemampuan entrepreneurial untuk mendapatkan hasil dan nilai yang maksimal.

Lalu hubungannya dengan startup yang sekarang sedang ngetrend dikalangan anak-anak muda sekarang. Berdasarkan informasi yang saya dapat beberapa komunitas startup, kebanyakan startup tidak berumur panjang (baca juga di artikel: Mendirikan startup butuh Lebih dari Sekedar Ide dan apps). Mengapa bisa demikian? kalau dihubungkan dengan definisi inovasi dan entrepreneurship diatas, maka menurut pemahaman saya, startup-startup tersebut masih dalam tahap mengembangkan inovasi.

Disini dibutuhkan kemampuan Entrepreneurship untuk menerapkan inovasinya sehingga bisa diterima oleh pelanggan, mitra, maupun calon investor.

Baca juga artikel tentang Entrepreneurship

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer