No Comments

Keterampilan Bisnis yang kamu Butuhkan untuk Sukses

Keterampilan Bisnis

Keterampilan bisnis menjadi sangat essential di era perekonomian yang cepat berubah sekarang ini. Oleh karena itu saya melihat bahwa seorang professional harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan untuk berkontribusi dalam pengembangan bisnis dan pengambilan keputusan.

Berdasarkan Biro Pusat Statistik dan US Labor Statistics, jumlah pekerjaan di area bisnis dan keuangan diproyeksikan meningkat diangka 10 persen hingga tahun 2026, lebih tinggi dari area pekerjaan yang lain. Dan kalau melihat riset yang dilakukan oleh Linkedin, individual skills di bidang management, leadership dan analytics mengalami peningkatan permintaan / in high demand dari perusahaan-perusahaan dari berbagai industri.

Keterampilan Bisnis
The Skills Companies Need most in 2020 onward

Tidak peduli apa profesimu sekarang, meningkatkan pengetahuan tentang bisnis akan membantumu untuk memberikan impact kepada organisasi dan akan lebih kompetitif ink the job market. Jika kamu:

  1. Engineer: Kamu bisa menggunakan pengetahuan bisnis untuk lebih efektif dalam memimpin tim dan menapak tangga karir dalam perusahaan
  2. Kreatif: Kamu bisa belajar untuk mengomunikasikan important project dengan lebih baik kepada stakeholder
  3. Penyedia layanan kesehatan: Kamu bisa menggunakan business insight untuk memberikan pelayanan yang lebih personalized kepada pasien
  4. Baru lulus kuliah: Kamu bisa meningkatkan kemampuan bisnis untuk memperluas jaringan dan membangun jalur karir yang kamu inginkan.

Lebih luas lagi, dengan menguasai foundation of business akan membantu kamu untuk bisa meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan untuk sukses di industri. Seperti decision making, complex problem solving, dan time management. Selain itu, business skill ini akan sangat membantu dalam kehidupan pribadi, seperti membuat anggaran rumah tangga, membeli rumah atau rumah.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh harvard business dan pengalaman dan pengamatan saya selama lebih dari 10 tahun bekerja sacara profesional maupun wirausaha, dan juga setelah mendapatkan banyak masukan dan sharing dari beberapa CEO dan C-level serta rekan-rekan yang telah sukses dalam bisnis, berikut ini lima kemampuan yang harus dikembangkan untuk meningkatkan karir hingga ke next level:

Keterampilan bisnis
Self improvement with word SKILL. Skills concept.

1. An Understanding of Economics

Pengetahuan dasar tentang ekonomi akan sangat berguna untuk segala jenis industri. Selain pemahaman tentang strategi pricing dan demand, mempelajari ekonomi dapat membantu kita sebagai alat untuk membuat keputusan bisnis yang memberikan competitive advantage bagi perusahaan di market.

2. Data Analysis

Data Visualization

Berdasarkan riset yang dilakukan ole McKinsey menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan yang menggunakan Data Analytics untuk generate growth. Perusahaan-perusahaan seperti Microsoft, Google, Tokopedia, Gojek, Apple, dll , memanfatkan data untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan operasional mereka.

“Data and analytics are changing the way business is done”

McKinsey Research

Mengetahui bagaimana cara merangkum data (datasets), mengenali trend yang sedang berjalan, dan mengetest hipotesis memberikan kerangka analisis untuk melakukan pendekatan permasalahan. Sehingga memungkinkan kita untuk membuat keputusan yang menguntungkan untuk perusahaan.

“Using data analytics is a very efective way to have infuence in an organization,”

“If you’re able to go into a meeting, and other people have opinions, but you have data to support your arguments and recommendations, you’re going to be infuential.”

Jan Hammon – Harvard Business School Professor

3. Financial Accounting

Finance and financial performance concept illustration

Keterampilan Akuntansi sangat bermanfaat untuk karir kamu, walaupun dalam keseharian tidak dalam role mengelola angka-angka akuntasi ini. Kelihatannya, ilmu akuntansi sulit untuk dimengerti dan tapi akuntasi sebenarnya lebih mudah dipahami daripada yang dibayangkan. Bahkan sekarang ada pendekatan acounting for non accountant.

Konsep seperti cashflow dan profitability sangat membantu memahami kinerja dan potensi perusahaan. Dan memahami bagaimana menganalisasi laporan keuangan sangat critical untuk mengomunikasikan kinerja perusahaan.

4. Negotiation

Menjadi effective Negotiator akan sangat bermanfaat untuk kita, baik yang baru memulai karir profesional, maupun yang sudah dalam level senior. Dalam salah satu report dari Word Economic Forum, negosisasi diidentifikasi menjadi keterampilan utama yang dibutuhkan oleh angkatan kerja dimasa depan untuk berkembang.

Honing your deal-making skills can enable you to secure value for your organization at the bargaining table, but also for yourself when advocating for a higher starting salary or raise.

There’s no one way to craft a successful negotiation strategy. The key, according to HBS Online Professor Mike Wheeler, who teaches Negotiation Mastery, is to be open to improvisation and plan to think on your feet.

“However you happen to see yourself as a negotiator, most people you deal with likely have a diferent style, at least to some degree,” Wheeler says in a blog post. “To succeed, therefore, you must be agile. That means fexing yourself so that you deploy diferent skills depending on the situation and whom you’re dealing with.”

5. Management

Strong managerial skills are intrinsically linked to organizational performance. A recent study by Gallup found that managers account for 70 percent of variance in employee engagement, highlighting the need for companies to develop leaders who can drive team productivity and morale.

For seasoned and aspiring managers alike, it’s valuable to know how to lead meetings and communicate organizational change. Equally important is being aware of the common missteps team leaders often make.

You might also like
Tags:

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu