Strategi Tiongkok

Strategi Tiongkok di buku Asian Waters, karya Humphrey Hawksley

Berbicara tentang strategi Tiongkok, baik itu secara ekonomi maupun politik seolah tidak ada habisnya. Baru selesai mempelajari tentang Belt and Roat Initiatives (BRI) atau di Indonesia disebut Jalur Sutra. Tadi pagi di saya mendengarkan podcast Pak Gita Wirjawan bersama Mardigu Wowiek, ada banyak insight baru yang saya dapat, termasuk strategi Tiongkok dalam menguasai perairan di asia.

Pak Gita menyebutkan dalam buku Asian Waters yang ditulis oleh Humphrey Hawksley dibahas tentang strategi Tiongkok tersebut. Saya jadi penasaran dan mau beli buku tersebut dan akan membagikan hasil pemahaman saya di blog ini. Tapi setelah saya check di marketplace maupun di periplus.com sudah pada out of stock semua. Harus pesan dari Amazon, yah… jadinya harus menunggu cukup lama untuk bisa baca ini buku.

Sambil menunggu summary saya tentang strategi tiongkok menguasai perairan Asia ini, mengapa mereka melakukan itu dan ada sebenarnya yang mereka inginkan, saya ada beberapa link yang bisa didengarkan dan dibaca-baca dulu:

  1. Podcast Pak Gita & Mardigu Wowiek
  2. Wawancara penulis buku (Humphrey Haksley) dengan The Jakarta Post

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer